Wednesday 25 March 2015

Kawah Ijen - Pulau Menjangan

Haloo..selamat malam semuanya.
Beautiful Menjangan Beach
Akhirnya ada kesempatan buat corat-coret blog ini. Sharing pengalaman liburan 4 Hari 3 Malem. Awalnya, Kita bertujuh berangkat dari Solo The Spirit of Java menuju Banyuwangi untuk menyeberang ke Pulau Menjangan hari jumat tanggal 20 Maret 2015. Rencananya, kita bakalan ke pulau Menjangan  tanggal 21 Maret pas hari Nyepi. Eh ternyata rencana tinggal rencana.
Ceritanya begini...
Check this out!!
Persiapan buat liburan kali ini bener-bener singkat, kurang lebih 2 minggu, ga nyampe malah hehe... Niat liburan berawal dari, pak bos yang tanya kerjaanku selesai kapan? Danbeliau meminta kerjaanku selesai tanggal 20 Maret 2015. Spontan deh, aku bilang InsyaAllah pak dan besoknya liburan ya pak....Beliau pun menjawab iya liburan, besoknya liburan juga.
Next, malemnya pas lagi ngobrol, iseng-iseng hapenya pegang hape n buka-buka lagi kontak agen wisata. Singkat cerita, kita pake jasa travel ke Pulau Menjangan One Day tanggal 21 Maret 2015 dengan harga 260 ribu. Setelahdapet segala informasi tentang trip  tersebut, aku ngajak-ngajak temen-temen yang dulu pernah terlibat obrolan tentang "liburan" lewat broadcast, grup, ataupun sms.

Kita yang berangkat adalah bagian dari Matematika 2009 FMIPA UNS yang memiliki NIM. M0109005, 18, 19, 20, 30, 33, 67. Kereta kita berangkat pukul 08..07 WIB, kita janjian jam 07.30 nyampe stasiun, tapi nyatanya? Ya u know lah, jam karet masih berlaku, tapi yang terpenting ga ketinggalan kereta lah hehe.
Jumat, 20 Maret 2015 
Jam 07:00 WIB : Aku berangkat dari rumah nebeng babe yang mau berangkat kantor sekalian. Sesampainya di stasiun, sepi iya sepi banget... jangankan anak2 udah pada dateng, orang-orang yang nunggu disana aja baru ada 3-6 orang. Hehe
Kita berangkat naik kereta Sri Tanjung dengan harga @50 ribu. Karena pas berangkat pada ga dateng bareng2, kita blom foto deh -_-.
Akhirnya kita sudah berkumpul 10 menit sebelum kereta datang. Oya, si nim.20 naik motor ke stasiun, otomatis motornya nginep 3 hari an. Tapi, dia nya kagak bilang sama tukang parkir kalo tu motor nginep. Kita pun nakut2in dia semisal ga bilang parkir nginep, ntar bayarnya mahal lho.. e ee eee dia nya kepikiran deh, ntar habis berapa bayar parkirnya.Hehe :V
Kita yang berangkat dari stasiun Purwosari ada 5 orang, yang nim.18 & 33 berangkat dari stasiun Gubeng. Kereta datang dan kita berangkat deh..siap-siap kurang lebih 12 jam di dalam kereta.
Awal bookingtravel kita udah berulang kali tanya, Hari Raya Nyepi Pulau Menjangan yang wilayahnya masih di Bali tepatnya di Bali Barat tutup atau engga? Pihak agen pun menjawab tidak tutup, tidak masalah..oke berarti fixed kan. Kita booking tiker kereta PP. Tapi NYATANYA stasiun kedua sebelum pemberhentian kereta terakhir aku dapet sms, kalo pulau menjangan ditutup!!OMG, udah sejauh ini.,, isi sms nya "Mbak kita baru aja dapat informasi pulau menjangan ditutup besok, ini mau diganti ke Pulau Tabuhan atau diundur jadi hari minggu" Nahlo..udah heboh aja, ternyata satu gerbong kereta banyak yang mau berlibur ke pulau menjangan juga pada heboh...
Akhirnya SEMENTARA  kita putuskan untuk seturunnya dari kereta langsung ke kawah ijen tanpa check in penginapan. Sabtu siang check in, minggu ke Pulau Menjangan, dan minggu sore langsung pulang dengan pertimbangan nim.18 yang mau UTS dan nim. 67 mau PENDADARAN. Gilee yaa.. nekat bener yang mau UTS senin n PENDADARAN selasa masaih aja kelayapan di kota orang hehe. Tapi, gapapa kalo ga ada kalian mungkin ga jadi atau ga seru trip ini :).
Ini nih foto keadaan kereta dari yang awal berangkat sampai akhir di kereta kita diskusi gimana ini, PULAU MENJANGAN DITUTUP..
21:00 WIB : Nah ini, waktu kita nyampe stasiun BanyuwangiBaru pada lari-lari mau ngecharge hape. Aku sih lari-lari mau ke toilet hehe. Si nim.33 langsung cari kontak mobil Jeep yang bisa ngantar kita ke Kawah Ijen, Coz, trek untuk mencapai kawasan Kawah Ijen cukup sulit dan dikelilingi hutan belantara. Hehe..

Charge Hape
Nih anak-anak plus aku galau mau gimana ini.. Oke fix naik ke kawah ijen, turun sabtu pagi, check in penginapan, minggu ke pulau menjangan bali barat, dan yang jadi masalah gimana pulang ke solo gimana? Nih gambar-gambar kita-kita yang lucu nan imut hehe


Galau bin Capek di ruang tunggu Stasiun Banyuwangi Baru
22:00 WIB : Kita anak-anak manusia yang kelaparan diusir dari dalam stasiun sama petugasnya. Mungkin karna udah ga ada kereta yang melintas. Akhirnya kita keluar, nunggu di teras. Banyak juga lho anak-anak backpackeran yang menunggu nasib diluar. Kita nunggu jemputan ke Kawah Ijen sambil ngesot-ngesot diluar deh, sambil mikirin besok pulang ke solonya gimana, sementara cacing-cacing di perut sudah berteriak. Akhirnya jemputan jeep kita sudah datang. Pak sopir suruh jadi sie dokumentasi dulu. Oya, kita sewa Jeep Rp. 500.000,00 PP. Itu biaya masih dibagi tujuh lho :D

11:00 WIB : Sampenya di basecame, kita langsung mengisi perut. Ada yang mie instan ada yang makan nasi ada yang minum doang, eh ada yang makan kuah doang lho hehe..

Sabtu, 21 Maret 2015 
Next, waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 WIB dini hari, karena kata NIM.67 yang berpengalaman ke Kawah Ijen, kita buruan berangkat biar dapet blue fire. Eh manusia hanya berencana, sayangnya kita harus menunggu belerangnya aman. Sambil nunggu pemotretan dulu deh hehe..
Menunggu Kepastian part 1
Pemotretan jalan terus :D
Menunggu Kepastian part 2
02:30 WIB: Akhirnya pintu sudah dibuka, kadar belerang "katanya"sudah turun. Oke cus.. naik naik ke pucak gunung, tinggi capek "sekali" trus seneng. :D
Kita naik-naik ke puncak gunung, tapi capek juga ya hhehe...Padahal tu tas ijo miliku udah dibawain ditengah perjalanan hehe. Paling kasian bude tuh, doi udah berapa ratus kali bilang "Ijik suwe ra kor?", "uwis cedak kor?", "aku pingin kasur" Hahaha lucunya lucunya..

Udah keliatan puncaknya nih. Tapi dari kejauhan orang-orang pada teriak"Balik..balik..bau sulfurnya naik ..awas..awas" Tapi dengan tekad yang dibilangnim.67 "Udah jauh-jauh kesini masa balik, kalo aku sih naik aja gapapa. Oke deh cusss... akhirnya capek, letih, lelah terbayarkan di atas Kawah Ijen ini, gaess :D. Matahari (nyaris) terbit alias malu-malu terbit, si matahari ga mau terlihat karna tertutup kabut-kabut putih halus tersebut.
Matahari nyaris terbit
05:00 WIB : Kita nyampe di atas pas matahari terbit, sekitar jam 5. Yup, kita harus menghadap-Nya. 
Kasihan nih kita, liat kanan kiri kanan kiri pada selpie pake tongsis, kitanya kagak bawa, emm lebih tepatnya kagak punya. Eh bude punya ding, tapi doi ga bawa. Alhasil dengan ide2 yang beride, kita pinjem tongsis ke mbak2 yang di warung semalem. Dengan bermodalkan sok kenal dan sok akrab akhirnya dapet pinjeman. Ayoook selpie dengan tongsis pinjeman hehe...
Selpie celaluh
Kita pengen foto yang locat-loncat gitu, tapi bertujuh. Nah, kalo gitu yang motoin siapa? Akhirnya ada mbak2 yang baik hati mau fotoin pake kamera DSLR nya. Oya, itu yang tengah biru lagi semedi, nyari pangsit buat pendadaran, jangan diganggu hahaa... Eh mbak nya baik hati lho, ini foto dikirim via line ..makasih makasih :)
Melompat lebih tinggi
Akhirnya kita balikin tongsis, sambil foto bareng sama temen-temen baru nih :) Nih kita selpie sama teman-teman baru hehe..
Pertemanan (Bukan) Sesaat
Nih foto paling GOOD haha.. Keren kan yak?? Bahahaha....
PalingAncur
Kasihan nih, yang kaki nya pada sakit. Gatau sih, mungkin gara-gara pas naik, mereka bawain tas-tas berat mungkin...
Heii.. bukit teletaubis di Kawah Wurung keliatan lho waktu kita turun dari Kawah Ijen. Bisa terbang atau dissapperate dari sini mungkin hehe. :D

Nampak tilas Kawah Wurung dari Kawah Ijen
09:00 WIB Akhirnya kita sampai juga di bawah basecamp Kawah Ijen. Udah pada capek semuanya. Nih penampakan parkirannya.. Waktu malem bener-bener padet plus rame banget parkirannya. Oya, disana juga ada penginapannya lho, bagi yang mau beristirahat sebelum atau sesudah mendaki.

Parkiran Basecamp Kawah Ijen
Next, kita mau pulang. Eh bapak sopir Jeep lagi tidur. Kita tunggu beberapa saat, akhirnya dibangunin. Eee si bapak bilang, "nunggu 2 tamu saya sekalian ya". Eee buset kita udah bertujuh umpel-umpelan, masih mau ditambah 2 orang. Mana udah pada capek gitu, akhirnya udah pada bete sendiri2 deh. Tapi akhirnya, si nim.37 minta bapaknya suruh nganterin, soalnya anak-anak udah pada capek. Akhirnya, otw pulang ke banyuwangi buat check in hotel. Mereka yang kelelahan..Mereka yang langsung bobok bareng hehe..
Capek Badan Barbie
Kita di oper pake angkot, karna bapak sopir keburu jemput tamu nya juga di Kawah Ijen. Yaudah deh, yang pada masih tidur kepaksa bangun. Tapi selpie tetep jalan terus, nih foto di angkotnya..hahaa
Muka setengah melek. Baju putih balik tidur lho.
10:00 WIB: Sampai deh di Hotel Lingkar yang direkomendasikan agen travel kita. Setelah melalui perdebatan yang biasa aja alias "manut" "sak2e" "karepmu" Haha.. Kita pilih 2 kamar (Kamar mandi dalam, fan, TV) @150.000. Satu buat cowok satu buat cewek.
Booking Penginapan
Yuhuuu.. Let's go to take a bath....bersih-bersih, udah gerah pastinya. Dan lapar juga pastinya, fyi kita belom sarapan.
13:00 WIB: Setelah solatdzuhur, kita rekap makan siang dan  sarapannya. Kita makan di warung depan hotel. Menunya lalapan-lalapan gitu lah. Nih sebelum makan, ada yang minta difotoin. Padahal wajahnya udah ga oke gitu. hehe
No caption
Yuhuuu..selesai makan kita udah pada tepar sendiri-sendiri. Tapi, si bude masih aja nelpon sama si doinya, selesai jam 3 mungkin. Bude makan siang dibungkusin, makan di hotel sebangun dari tidurnya deh.

19:00 WIB: Malamnya kita explore Banyuwangi alias cari makan di mall yang namanya Roxy Mall. Tapi yang nim.5, 20, 33 masih aja molor, capeknya akut banget "mungkin". Next, kita jalan ke jalan utamanya deh buat cari angkot, si angkot ga datang-datang. Akhirnya, bude nelpon Taxi, ee baru nelpon si angkot datang. Akhirnya, kita cancel Taxi dan naik angkot. Sampe Roxy Mall kita harus bayar 40.000, jadi @10.000. Waoow amazingg ya...ngangkot habis 10.000 per orang hehe..

Bayangan kita mall nya minimal kayak Singosaren Coyudan laah,. Eee nyatanya, sama luwes bagus luwes lho, mana panas, AC nya ga jalan kalik ya atau ga berAC mungkin.  Akhirnya kita menyusuri jalan-jalan demi jalan untuk mencari warung steak, coz ada yang nyidam mashroom. Yiihhaa.. kita dapet tempat dinner yang namanya, **** STEAK. Emm... tempatnya "agak" highclass, tapi makanannya ga "good". Coz, guweh pesen Cap Cay asinnya minta ampyunn.. Uhh.. Yang lainnya pesen Chicken Katsu, Chicken Steak, Tahu Mayo, Nasi Goreng, n lupa namanya haha... Pulangnya kita nelpon taxi.
Jumat, 20 Maret 2015 
Yihaaa.....Let's go to beach Menjangan..
07:00 WIB : Kita dijemput sama bapak-bapak menuju pantai Kampe. Langsung deh ntar kita nyebrang pake boat.
Kita belom sarapan lho.. Pikir kita sarapan inculde di paketannya. Ternyata tidaaak, dengan menelpon agennya, akhirnya kita suruh beli sarapan sendiri n kita dipotong bayarnya, jadi @245.000. Yaudah, kita makanlahh.. Sambil nunggu makan ada yang takut kulit item nih.. Iklan dulu ... Hehe
Cowok-cowok cantik
Makanan datangggg...santaaaaaapp...mari kita selpie dulu... Hahaha

Breakfast
Selesai makan kita harus segera nyeberang ke Pulau Menjangan. Dengan perdebatan penitipan tas dan baju yang harus dikenakanbude..Kita berakhir dengan poto-poto lagi deh... Hahaha..

Pose dirumah penitipan barang
Asiiikk udah nyampe Pulau Menjangan Nih :D

Pintu masuk Pulau Menjangan
Nih selama kita nyebrang pake boat sama snorkeling, dirangkum dalam foto berikut.


Let's get snorkeling
Sayang,pantai secantik inih harus ada sampah-sampahnya :(. Malah pas kita snorkeling ke spot kedua, ada sampahnya loh ditengah laut, malah mampir dimulutku juga :(

sicantik yang kotor
Sehabis snorkeling spot pertama, kita istirahat terus makan siang. Tapi dua diantaranya makan setelah balik ke pantai Kampe, karna takut balik tu makanan di spot berikutnya Hehee. Kalo aku sih masih kenyang Hehe..
Lunch
Mari Pulaaang...sayang camera underwater pas di spot kedua habis baterai. Jadi, waktu perjalanan pulang ga bisa diabadikan. Oya. pernah arum jeram di laut? Nah, waktu pulang kita mengalaminya. Ombak gede. Air masuk ke boat. Langsung disuruh pake life jacket. Guide ngeluarin air di boat ke laut. Emm..semua pada diem dan terhanyut oleh pikiran masing. Aku pun juga memikirkan kemungkinan "terburuknya". Alhamdulillah..tidak terjadi. Kita selamat sampai tujuan (Pantai Kampe)...Photo sesion.......
Mission Clear
Akhirnya, kita pulang naik mobil sewaan seharga 2 juta dan akhirnya ditawar dapet 1,8 jt. Setelah hitung menhitung uruanan. Kita pulang deh di jam 17:00 WIB.Bude sampe surabaya jam 00.00. Kita sampai Senin 23 Maret 2015 pukul 07:00 WIB.
Akhir cerita... aku bahagia n maaf maaf kalo ada salah selama ini ya :) ... dan semoga kita bertujuh bahagia dengan trip ini ya gaess :D












No comments: